KEUTAMAAN SHOLAT DHUHA

Sholat dhuha merupakan sholat sunah yang dilaksakan oleh seorang muslim di kala waktu dhuha tiba. Waktu dhuha sendiri yaitu saat matahari mulai beranjak naik, kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya matahari. Diperkirakan waktu dhuha di mulai pada pukul 7 pagi hingga waktu dzuhur. Jumlah rokaat sholat dhuha sendiri kelipatan dua, yaitu 2 rakaat, 4 rakaat, sampai 12 rakaat.  Perlu kamu tahu bahwa keutamaan sholat dhuha ini sangatlah mengagumkan.

Sholat dhuha tak hanya memiliki keutamanaan yang mengagumkan saja, tapi juga memiliki manfaat yang luar biasa. Manfaat yang bisa kamu dapatkan bila melakukan sholat dhuha yaitu dapat melapangkan dada dalam segala hal utamanya dalam hal rezeki. Tak hanya itu, shalat dhuha pun berguna untuk menangkal stress yang mungkin saja timbul dalam kegiatan sehari-hari dan juga untuk mempercantik wajah. Selain itu, ada beberapa keutamaan sholat dhuha lainnya, seperti di bawah ini:


Keutamaan –  Keutamaan Sholat Dhuha yang Mengagumkan
Sholat Dhuha Adalah Salah Satu Wasiat Nabi
Seperti yang telah dijabarkan dalam hadist bahwa Nabi Muhammad SAW mewasiatkan sholat dhuha. Tak hanya itu, beliau pun berpesan pada kita untuk melakukan puasa 4 hari tiap bulan dan sholat witir sebelum tidur.

Sahabat Abu Hurairah radhiyallahu Anhu mengatakan:

“Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam mewasiatkan kepadaku tiga hal: Puasa tiga hari setiap bulan, Sholat Dhuha 2 rakaat dan shalat witir sebelum tidur.” (Hadist Riwayat Bukhari)

Mengganti Sedekah
Keutamaan sholat dhuha selanjutnya yaitu sebagai sedekah. Tentu tak semua orang mampu melakukan sedekah. Faktor ekonomi menjadi salah satu faktor mengapa seorang muslim sulit melakukan sedekah. Namun, sholat dhuha bisa menjadi sedekah selain uang yang bisa kamu lakukan. Sebab, salah satu keutamaan sholat dhuha adalah sebagai pengganti sedekah.

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya :

“Pada pagi hari seluruh persendian kalian harus disedekahi, setiap bacaan tasbih atau Subhanallah bisa sebagai sedekah. Setiap bacaan Tahmid atau Alhamdulillah bisa sebagai sedekah. Setiap bacaan tahlil atau Lailahaillallah bisa sebagai sedekah. Dan setiap bacaan Takbir atau Allahuakbar bisa sebagai sedekah. Begitu pula Amar Ma’ruf atau (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa diwakili dengan melaksanakan salat duha 2 rokaat.” (Hadits Riwayat Muslim)

Kebiasaan Orang yang Suka Bertaubat
Taubat merupakan cara untuk kembali ke jalan Allah SWT dengan menyesali kesalahan yang pernah dilakukannya secara sungguh-sungguh, baik itu saat melakukan dosa besar maupun kecil. Menghapus dosa sebenarnya bisa dengan banyak cara, yang paling umum adalah dengan mengucapkan istigfar dan juga melakukan sholat dhuha.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang artinya:

“Sholatnya orang orang yang suka bertobat adalah shalat pada saat anak unta kepanasan karena terik matahari.” (Hadits Riwayat Muslim)

Jaminan Dipenuhi Kebutuhan di Sore Hari
Sholat dhuha memiliki keutamaan, yaitu dipenuhinya kebutuhan di akhir siang. Sebagian dari umat muslim berpendapat bahwa sholat dhuha merupakan sholat pembuka rezeki. Untuk itu, kita harus percaya karena ada hadist yang membicarakan soal ini.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda Allah ta’ala berfirman yang artinya :

‘’Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan 4 rokaat sholat di awal siang atau di waktu Dhuha maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (Hadits riwayat Ahmad)

Mendapatkan Pahala Seperti Orang yang Sudah Haji dan Umrah
Seperti yang sudah diketahui bahwa haji adalah rukun Islam yang ke 5. Untuk melaksanakan haji dibutuhkan banyak persiapan. Hal ini membuat tidak semua umat muslim mampu melakukannya. Begitu pun dengan umrah. Namun, Allah memberikan kemudahan kepada kita untuk mendapatkan pahala sebesar haji dan umraah yaitu dengan melakukan sholat dhuha.

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya :

“Barang siapa yang melaksanakan salat subuh secara berjamaah lalu ia duduk sambil berzikir pada Allah hingga matahari terbit. Kemudian ia melaksanakan shalat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh. Beliaupun bersabda: ‘pahala yang sempurna, sempurna, dan sempurna.” (Hadits riwayat Tirmidzi)

Sholatnya Para Awwabin (Orang yang Kembali Taat)
Awwabin berasal dari Bahasa Arab yang artinya orang yang sering bertaubat. Dalam hal ini, ada perbedaan pendapat terkait dengan sholat sunah ini di kalangan para ulama. Ada yang berpendapat bahwa sholat awwabin dilakukan antara magrib dan isya, sedangkan yang lain berpendapat bahwa sholat awwabin dilakukan pada saat sholat dhuha.

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya :

“Tidaklah menjaga sholat sunnah Dhuha melahirkan Awwab atau orang yang kembali taat. Inilah sholat Awwabin.” (Hadis riwayat Ibnu Khuzaimah)

Mendapat Pahala Seperti Orang yang Mendapat Harga Rampasan Perang
Mendapatkan Pahala seperti orang yang mendapat banyak harta rampasangan perang sungguh luar biasanya. Ini merupakan keutamaan sholat dhua yang terakhir. Kamu tentu tidak menyangka bawah pahala dalam melakukan sholat sunah yang satu ini sangat mengagumkan. Banyak sekali manfaat hanya dengan melakukan sholat dhuha. Tentu pahala-pahala di atas bisa didapatkan dengan niat ikhlas mengharap ridho Allah SWT.

Semoga Allah SWT memudahkan kita untuk dapat Istiqomah dalam menjalankan ibadah sholat dhuha. (elevenia)

0 Response to "KEUTAMAAN SHOLAT DHUHA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel